Cara Menghemat Baterai laptop ~ Tips kali ini akan menyajikan informasi tentang bagaimana cara menghemat baterai laptop atau notebook kesayangan sobat, agar lebih bekerja dengan kemampuan yang maksimum.

Cara Menghemat Baterai Laptop

Sebagaimana kita ketahui dewasa ini peran perangkat tersebut boleh dibilang telah menjadi kebutuhan yang sangat mendasar. terutama para penggiat dunia komputer dan webblog.

Terkadang kita dihadapkan pada salah satu masalah dimana daya yang tersedia pada perangkat laptop tersebut tidak mumpuni untuk menyuplai aktivitas kita tatkala sedang tidak berada dekat dengan sumber daya listrik. Alternatifnya terpaksa kinerja baterai harus dimaksimalkan.

Oleh karena itu dalam tulisan kali ini akan diberikan tips mudah cara menghemat baterai laptop sobat yang dikumpulkan dari berbagai sumber serta pengalaman pribadi, simak tulisannya berikut.

- Pastikan Baterai laptop sobat memang benar berada pada kondisi yang sehat, dalam artian tidak rusak dan masih bekerja secara normal. Umur baterai/masa pakai juga mempengaruhi daya tahan. Jika memang sudah usang ada baiknya diganti dengan yang baru.

- Mengganti baterai dengan produk yang lebih bagus, atau high power. Jadi jika standarnya hanya menggunakan 6 cell baterai, produk high power bisa saja memiliki cell baterai sampai 9 bahkan lebih.

- Setelah kedua point diatas terpenuhi, sobat dapat memilih alternatif berupa software penghemat baterai. Salah satunya adalah BatteryCare. Sobat dapat mendownloadnya melalui bantuan pencarian Google.

- Atur Power plan. Pada laptop-laptop milik tertentu terdapat program pengaturan daya yang dibagi dalam beberapa tingkatan dari yg terboros sampai yang paling hemat seperti High Performance, Entertaintment, Quite office dan yang terhemat Battery saver.

- Atur pengaturan cahaya/kecerahan layar seminim mungkin (redup). Layar termasuk salah satu bagian yang cukup besar memakan daya baterai.

- Minimalkan Penggunaan Fan (kipas pendingin) tambahan, dan perangkat eksternal lainnya seperti HDD eksternal, Flashdisk, Cd eksternal, Mouse lampu warna-warni dsbnya. Lepaskan jika dirasa tidak peru.

- Keluarkan (eject) CD atau DVD pada cd drive sobat jika tidak digunakan. Motor pada perangkat tersebut cukup menguras baterai sobat.

- Mematikan Wifi ataupun bluetooth jika tidak digynakan.

- Rajin merawat performa komputer sobat, agar tetap sehat. Buang program-program yang tidak perlu. Komputer yang kurang sehat akan menyebabkan proses kerja menjadi lambat dan tentu saja buang-buang energi.

-Kurangi menjalankan program pengolahan grafis ataupun gambar. Seperti games edit foto dan sebaginya. Kinerja pengolahan grafis memerlukan konsumsi daya yang lebih besar.

- Matikan program lainnya yang sedang tidak terpakai, agar beban kenerja cpu berkurang dan suhu tidak tinggi. Suhu tinggi menyebabkan kenerja kipas processor pada laptop bekerja lebih keras yang tentu saja menguras daya yang ada.

- Tatkala memberi laptop baru pilihlah jenis yang memang hemat energi.

Itulah beberapa tips cara menghemat baterai laptop yang dapat sobat terapakan dalam keadaan mobile atau jauh dari sumber listrik, semoga bermanfaat.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 0 komentar pada artikel “Alternatif Cara Menghemat Baterai Laptop ~ Notebook”

Posting Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home