Meriam Honisuit Bengkulu Selatan

Diposkan oleh Pemilik Blog | 6/10/2011 | | 0 komentar »

Meriam Honisuit  ~ Sebagai kota yang memiliki banyak peninggalan sejarah, tentu saja melihat benda-benda peninggalan penjajah merupakan suatau hal yang mengasyikkan. Salahsatunya adalah Meriam Honisuit ini yang menjadi salahsatu objek wisata andalan Kabupaten Bengkulu Selatan. 


Benda peninggalan penjajah Inggris ini, menurut sejarah pertama kali ditemukan disekitar wilayah Kelurahan Belakang Gedung yang merupakan salah satu wilayah yang termasuk kedalam Kota Manna.

Sejarah juga mencatat bahwa meriam tersebut dibawa ke Kota Manna pada Tahun 1942 oleh tentara Jepang Melalui Jalur Kota Pagar Alam yang merupakan salah satu wilayah yang termasuk kedalam Propinsi Sumatera Selatan. Diletakkan dipesisir pantai sebagai peralatan pertahanan perang mereka dari serangan musuh yang datang dari laut.

Menurut info yang ada Meriam Honisuit merupakan Jenis meriam Terbesar peninggalan sejarah dengan ukuran terbesar dan satu-satunya yang ada di Indonesia,  Dengan Ukuran Panjang  laras 3,4 m, panjang .dapur mesiu 2,5 m. diameter 90cm.

Berikut Spesifikasi Meriam Honisuit Tersebut :
Nama Meriam : Meriam Honisuit
Buatan : Inggris
Peninggalan : Zaman Jepang
Kaliber : 19.01 Cm
Berat Keseluruhan : 2.2 ton
Nomor Laras : B.L.O-IN-VIRO
 
Pada tangal 10 januari 2008, Meriam Honisuit atas kesepakatan Dinas Purbakala Provinsi Jambi dan Pemda Bengkulu Selatan dipindahkan oleh "KODIM 0408/BS" ke Bundaran Jalan Raya Padang Panjang Manna Bengkulu Selatan.

Sekian dulu Informasi Seputar Meriam Honisuit yang merupaan salah satu objek wisata yang ada di kabupaten Bengkulu selatan, smak juga artikel wisata menarik lainnya Pantai Duayu Sekundang dan Daftar Objek Wisata Bengkulu Lengkap.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 0 komentar pada artikel “Meriam Honisuit Bengkulu Selatan”

Posting Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home