Koleksi Foto-Foto Bengkulu Tempo Dulu

Diposkan oleh Pemilik Blog | 2/10/2011 | | 4 komentar »

Koleksi foto-foto Bengkulu Tempo Dulu - Seperti Pepatah berikut "Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah" atau yang sering disebut sebagai Jasmerah, pepatah yang lebih melekat kepada Bung Karno yang tak lain merupakan Presiden Pertama Republik Indonesia. Untuk mereview sejarah Bengkulu foto-foto Bengkulu tempo dulu dibawah ini mudah-mudahan dapat membantu.


Propinsi Bengkulu yang walaupun secara usia merupakan propinsi yang masih tergolong sangat muda, namun secara kajian sejarahnya merupakan wilayah yang cukup tua. Memiliki sejarah panjang mulai dari Masa Kolonial  penjajahan sampai kepada masa seperti sekarang ini.

Bagi para pencinta romantisme tempo dulu, salah satu media dokumentasi yang dapat mencatat kejadian-kejadian yang telah berlalu adalah melalui dokumentasi foto. Untuk itu dalam artikel kali ini akan diberikan beberapa koleksi foto-foto Bengkulu tempo dulu, baik menyangkut sejarah, budaya, kesenian dan lain sebagainya.

Koleksi foto-foto tersebut diambil dari berbagai macam sumber yang ada, baik media tulis dan online. Diharapkan mampu membawa kita kembali keromantisme masa dulu akan sejarah khususnya di wilayah propinsi Bengkulu.

Berikut Koleksi Foto-foto Bengkulu Tempo Dulu Tersebut :

Ir Soekarno Dan Fatmawati
Fatmawati Soekarno lahir di Kota Bengkulu, 5 Februari 1923. Ia merupakan putri tunggal pasangan tokoh Muhammadiyah Bengkulu, Hasan Din dengan Siti Chadijah. Sosok yang lembut, ramah dan bersahaja yang membuat Presiden Soekarno jatuh hati dan mempersuntingnya pada masa pengasingan di Bengkulu. Keluarga Fatmawati merupakan keluarga Bengkulu yang religius dan sederhana berasal dari Kelurahan Anggut Kota Bengkulu


Ir Soekarno Dan Fatmawati
Pada usia 20 tahun, tepatnya 1 Juni 1943, ia menikah dengan Ir Soekarno, dan dikarunia lima orang, yakni Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh.
Beliau juga-lah yang menjahit bendera pusaka sang saka merah putih dan turut mengibarkannya pada proklamasi kemerdekaan RI 17 Agustus 1945.
Nama Fatmawati, sudah diabadikan pada nama jalan dan bandara di Bengkulu, yakni Jl. Fatmawati di Kelurahan Anggut, Kota Bengkulu tempat rumah keluarga Fatmawati berada dan Bandara Fatmawati Soekarno di Padang Kemiling, Kota Bengkulu. 

Sejarah Bengkulu
Propinsi Bengkulu berpenduduk asli multi etnik, diantaranya suku Melayu Bengkulu, Rejang, Lembak, Serawai, Enggano, Kaur, Pasemah, Mukomuko, dan Pekal. Sebagaimana wilayah lainnya, Bengkulu juga memiliki beberapa kerajaan kecil, yang kemudian memiliki pengaruh terhadap perjalanan Sejarah Nasional Indonesia.

Ir Soekarno Dan Fatmawati
Pada tahun 1930-an, Bengkulu menjadi tempat pembuangan sejumlah aktivis pendukung kemerdekaan, termasuk Sukarno. Di masa inilah Sukarno berkenalan dengan Fatmawati yang kelak menjadi isterinya.

Salah Satu Sudut kota Bengkulu

Salah Satu Sudut kota Bengkulu

Salah Satu Sudut kota Bengkulu
Gubernur Raffless

Fort Marlborough

Resident W Groeneveldt (berdiri) saat berangkat dari Bengkulu ke Batavia 01-12-1935 By KITLV

Fort Marlborough
Itulah sebagian Koleksi foto-foto Bengkulu Tempo Dulu yang didapatkan dari berbagai sumber, Baca Juga objek wisata sejarah Propinsi Bengkulu Yang cukup populer dimasa lampau, Batavia Kecil Lebong Tandai.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 4 komentar pada artikel “Koleksi Foto-Foto Bengkulu Tempo Dulu”
KESEHATANKITA mengatakan...
pada hari 

Lukmane ya caranye kalu mau pesan kerite

Anonim mengatakan...
pada hari 

lumayan dpt informasi dgn kota ku...

Anonim mengatakan...
pada hari 

Terima kasih atas muatan photo2 nya cukup mengingatkan masa lalu walaupun lewat gambar

Anonim mengatakan...
pada hari 

mantap ...artikel ini bisa menjadi bahan pelajaran dalam mengenal bengkulu tepo dulu.

Poskan Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home