Ekspedisi Gunung Patah ~ Dalam Artikel Kali ini akan bercerita sekaligus bermemorial tentang kegiatan pendakian yang pernah penulis lakukan 5-6 tahun kemarin. Sebut saja Ekspedisi Gunung Patah 2817 Mdpl. Gunung yang boleh dibilang secara administratif lebih dekat ke Kota Pagar alam Provinsi Sumatera selatan.


Dalam Kegiatan Pendakian Gunung Patah tersebut, kebetulan mendapat tugas sebagai tim advance dan eksplore alias tim pendataan awal. Serta tim support tehnis pada waktu kegiatan berlangsung. Kebetulan kegiatan tersebut memang didukung sepenuhnya oleh warga dan masyarakat Kotif tersebut. Mulai dari data awal, Peralatan komunikasi, serta posko induk.

Tim Pendakian tersebut berjumlah lebih kurang 15 orang, dengan tim inti didalamnya terdiri dari 6 orang (Menuju Puncak Gunung patah). Dengan jalur masuk yang dilakukan yaitu melalui Desa Singepure Kecamatan Kota Agung Kabupaten lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ekspedisi pendakian gunung Patah tersebut secara keseluruhan memakan waktu selama 14 hari, mulai dari berangkat sampai tim kembali ke posko.

Secara administratif Gunung patah berada pada perbatasan antara Provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Bengkulu. Jika dari wilayah Bengkulu akan lebih dekat melalui jalur Padang Guci Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu. Namun kami lebih memilih menggunakan jalur Desa Singapure dengan beberapa alasan tertentu. 

Menurut beberapa informasi, pendakian Gunung patah juga pernah dilakukan oleh tim pendaki lain yaitu melalui jalur Padang Guci Bengkulu. Namun belum diketahui apakah mereka berhasil mencapai puncak Gunung patah tersebut.

Secara keseluruhan Ekspedisi Gunung Patah ini cukup dibilang berhasil, banyak hal-hal unik didapatkan. Daerah menuju gunung Patah merupakan Daerah yang memiliki Khasanah budaya dan istiadat yang sangat Khas. Banyak cerita-cerita lain yang menyangkut sejarah, Mulai dari cerita tentang kabar situs kerajaan sriwijaya dan legenda Sipahit lidah serta cerita-cerita lainnya yang jika dikaji lebih lanjut merupakan aset yang perlu penelitian dan pengkajian lebih mendalam.

Sementara saya hanya akan menyampaikan sedikit dahulu sebagai pembuka, lain waktu akan ditulis lagi secara lebih terperinci akan Ekspedisi Gunung Patah ini. Buat sobat yang ingin mengetahui secara lebih detail tentang bahasan diatas dapat meninggalkan pesan pada kolom komentar.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 0 komentar pada artikel “Catatan Perjalanan Ekspedisi Gunung Patah Sumsel”

Posting Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home