Kilas Balik Profil Sejarah Gunung Krakatau - Ditengah hiruk pikuknya pemberitaan mengenai banyaknya musibah bencana alam di negeri ini, salah satu yang mulai menjadi sorotan adalah  meningkatnya aktivitas Anak Gunung Krakatau (krakatoa dalam bahasa bule).


Kilas Balik Profil Sejarah Gunung Krakatau Dan Kalender Bangsa Maya
Mendengar Kata Gunung Krakatau mungkin sebagian dari kita tidaklah asing lagi, letusannya yang terjadi pada 26-27 Agustus 1883 konon dikabarkan telah memakan korban jiwa hampir 3 persen dari jumlah penduduk dunia kala itu (36.417 jiwa catatan resmi Hindia Belanda) dimana jumlah penduduk dunia kala itu sekitar 1,25 juta jiwa. dengan tingkat skala mencapai Volcanic Explosivity Index (VEI) 6 / Colossal.

Selain itu letusannya juga menyebabkan tsunami dahsyat yang dikabarkan sempat terasa hingga kepulauan Hawai, bisa dibayangkan seberapa kuat  efek letusannnya.

Rekor yang takkalah hebat dibuat oleh letusan gunung krakatau ini adalah suara letusannya "batuk" terdengar hingga ke kota Perth yang berjarak lebih dari 5000 km dari gunung krakatau.

Paska meletusnya gunung Krakatau  Tahun 1883,  muncullah sebuah gunung baru pada tahun 1927  dari bekas lokasi Gunung Krakatau, yang hingga sekarang biasa disebut dengan Anak Gunung Krakatau.


Kilas Balik Profil Sejarah Gunung Krakatau Dan Kalender Bangsa Maya2
Jika dihubungkan dengan mulai aktifnya Anak Gunung Krakatau ditahun 2010 ini serta sejarah Gunung Krakatau sebelumnya, mungkinkah  hubungannya dengan kalender bangsa maya yang menyatakan bahwa tahun 2012 adalah "end time" atau hari kiamatnya dunia ini.

Dari berbagai sumber.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 0 komentar pada artikel “Sejarah Gunung Krakatau Dan Kalender Bangsa Maya”

Posting Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home