Molek Lebong Tandai - Mendengar kata Molek Pasti kita akan terbayang pada sosok gadis yang rupawan dan cantik jelita. tapi lain halnya dengan warga sekitar tambang emas Lebong Tandai Napal Putih Propinsi Bengkulu Yang mengartikan "Molek" Sebagai kereta mini peninggalan zaman penjajahan yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menyerupai sebuah angkot Mikrolet yang digunakan sebagai sarana transportasi darat satu-satunya (selain jalur sungai dan udara) warga Lebong Tandai untuk keluar menuju ibukota kecamatan Napal Putih.( Artikel Tentang Tambang emas Lebong Tandai Dapat Anda baca juga Disini)
Si "Molek" Kereta Lori Yang Cantik

Secara umum Molek dapat bermuatan 6-8 orang penumpang dengan pendorong menggunakan mesin diesel yang telah didesain sedemikian rupa untuk memutar roda lori yang dihubungkan dengan rantai berukuran besar.

Molek mempunyai 4 roda besi yang jarak masing-masing sumbu rodanya lebih kurang 1,25 Meter. Namun memiliki panjang badan lebih kurang 5 Meter. Bisa dibayangkan, diperlukan keseimbangan yang bagus agar lori tidak terbalik.

Sebuah molek biasanya di pandu oleh seorang Masinis yang fungsinya mengatur kecepatan mesin diesel, dan tidak mengatur untuk berbelok. Fungsi pemandu juga hampir sama seperti seorang masinis kereta api yang mengatur kelancaran jalannya molek.

Jalur yang dilewati molek (Napal putih-Lebong tandai) berjarak lebih kurang 33 km dengan waktu tempuh rata-rata selama kurang lebih 4-5 jam. Dengan kondisi medan yang dilalui berupa perkebunan penduduk, Hutan, Tebing, Sungai dan sesekali terowongan bawah tanah.

"Anda harus menyiapkan nyali lebih untuk menggunakan sarana transportasi ini, karena selama perjalanan kita akan menempuh perjalanan disela-sela pinggiran bukit, disebelah kiri tebing tinggi dan sebelah kanannya merupakan jurang dan sungai yang mengalir deras".

Secara umum rute keberangkatan molek dibagi kedalam 2 jadwal untuk menghindari tabrakan dari arah yang berlawanan, rute pagi (jam 08.00 Wib-13.00 Wib) merupakan rute naik dari napal Putih menuju Lebong Tandai sedangkan rute Siang (13.00 Wib-18.00 Wib) merupakan rute turun dari Lebong Tandai menuju Napal Putih.

Si "Molek" Kereta Lori Yang Cantik2

Berdasarkan pantauan penulis Sungai sepanjang rute perjalanan Molek menuju Lebong Tandai juga merupakan daerah yang bagus untuk olahraga arung jeram.

*note :
Silahkan menyebarkan luaskan artikel ini, tetapi tetap mencantumkan link penulis aslinya.Trims

Baca Dalam Artikel Bahasa Inggris  


Artikel menarik Lainnya, Sepeda Bung Karno Saat Pengasingan Di Bengkulu

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 2 komentar pada artikel “Si "Molek" Lebong Tandai Kereta Lori Yang Cantik”
harry mengatakan...
pada hari 

pertamax.......nih...wah jadi ingat masa kecil dulu suka naik lori kereta tebu....

AKI-G@UL mengatakan...
pada hari 

Terimakasih infonya, mengasyikan sekaligus "mengerikan" bila jalur yang dilalui Lori ini memang bisa digunakan untuk "Uji Nyali" ! Wah urung deh niat Aki pengen nyobain Lori ini !

Posting Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home