Jalur Pendakian Gunung Kerinci Jambi

Diposkan oleh Pemilik Blog | 10/13/2008 | | 0 komentar »

Gunung Kerinci   - Foto disamping mencoba mewakili sebagian kecil dari sekian banyaknya keindahan Alam yang dimiliki Bumi Sakti Alam Kerinci Kabupaten Kerinci Propinsi Jambi. Gunung Kerinci yang memiliki Ketinggian 3805 Mdpl (Tertinggi di pulau Sumatera) memiliki berbagai jenis kekayaan Flora dan fauna serta Panorama alam yang sangat indah dan menantang untuk dijelajah. Salah satu Flora khasnya adalah bunga Edelweiss (bunga abadi) yang tumbuh menjulang diantara bibir-bibir jurangnya yang terjal dan dalam.

Untuk mencapai puncak Gunung Kerinci, berikut rute yang bisa kita tempuh. Pertama dari ibukota Kabupaten Sungai penuh Kerinci Jambi, kita menuju Simpang Kayu Aro dengan menggunakan Kendaraan angkutan umum.Persimpangan (Kayu Aro) ditandai dengan adanya Tugu Harimau yang dikelilingi oleh perkebunan Teh yang sudah berdiri sejak zaman kolonial. Disinilah tempat terakhir kita untuk melakukan cek list Logistik dan peralatan (jika telah masuk kedalam sudah tidak bisa ditemui warung/toko penjual kebutuhan logistik).
Jalur Pendakian Gunung Kerinci Jambi
Lalu dari simpang Kayu Aro masuk kedalam menuju Pos PolHut di R10 untuk cek list (registrasi) pendakian. Setelah registrasi selesai baru kita dapat melanjutkan perjalanan menuju pintu Gerbang Rimba yang merupakan daerah perbatasan antara kawasan perkebunan teh dengan Kawasan Taman Hutan Nasional.

Dari gerbang rimba kita melanjutakan perjalanan menuju Shelter 1 (Basecamp) yang dikelilingi oleh ekosistem hutan hujan tropis (Dalam perjalanan ini kita akan bertemu persimpangan menuju Danau Belibis).Perjalanan selanjutnya dari Shelter 1 menuju Shelter 2 dikelilingi oleh tumbuhan-tumbuhan yang relatif rendah hampir setinggi ukuran manusia (perjalan terasa melelahkan dikarenakan rute semakin menanjak dan jarak tempuh yang yang jauh).Dishelter 2 para pendaki biasanya mendirikan basecamp untuk bermukim, karena relatif aman dari hembusan angin,pengaruh cuaca dan tidak terlalu jauh dari sumber air. Perjalanan dari Shelter 2 menuju Shelter 3 relatif terjal, sempit dan menanjak, karena posisi shelter 3 berada di punggungan dan cenderung merupakan daerah terbuka (dari posisiinil;ah kita dapat memandang dengan seluas-luasnya bahkan garis lautpun bisa terlihat).

Dari shelter 3 perjalan dilanjutkan menuju Tugu Yuda yang merupakan prasasti yang dibangun untuk mengenang salah satu pendaki yang raib sewaktu melakukan pendakian. Tempa ini juga biasanya dijadikan lapangan upacara pada peringatan hari-hari besar nasional karena relatif luas dan datar. Selanjutnya perjalan dilanjutkan menuju batu gantung (Sebuah batu yang menjulang berdiri tegak disela-sela bukit) sebelum menuju puncak Gg Kerinci(Puncak guguran).

"Untuk menuju Puncak Gunung Kerinci, disarankan untuk melakukannya di waktu hari Subuh yang dimaksudkan untuk menghindari naiknya hawa belerang dari kawah yang sangat berbahaya bagi kesehaan manusia juga untuk menantikan indahnya sunrise dipagi hari".

Tulisan mengenai Jalur Pendakian Gunung Kerinci diatas hanyalah berupa gambaran singkat dan tidak menyeluruh berdasarkan pengalaman penulis, bagi rekan-rekan yang sudah pernah ataupun ingin (melakukan perjalanan) dapat berbagi cerita lebih lanjut.Baca juga artikel terkait, Jalur pendakian Bukit Kaba

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya :

Komentar Pembaca :

Ada 0 komentar pada artikel “Jalur Pendakian Gunung Kerinci Jambi”

Posting Komentar


Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar yang bermutu. Komentar Spam atau kata-kata tidak sopan akan dihapus.

Next previous home